APAKAH ADA JAMA’ JUMAT DENGAN ASHAR? - Ahmad Wandi Lembang

Terus berkarya, berbagi inspirasi, dan menebar manfaat

Breaking

Rabu, 25 Januari 2023

APAKAH ADA JAMA’ JUMAT DENGAN ASHAR?

 


APAKAH ADA JAMA JUMAT DENGAN ASHAR?

 

Pertanyaan apakah shalat jumat bisa dijama/diqashar dengan shalat ashar untuk musafir ? mohon dalilnya ?

 

JAWAB :

 

Untuk menjawab pertanyaan tersebut kami sampaikan ringkasan keputusan dewan hisbah persatuan islam.

 

Berdasarkan ayat Al-Quran tentang Shalat

 

فَإِذَا قَضَيۡتُمُ ٱلصَّلَوٰةَ فَٱذۡكُرُواْ ٱللَّهَ قِيَٰمٗا وَقُعُودٗا وَعَلَىٰ جُنُوبِكُمۡۚ فَإِذَا ٱطۡمَأۡنَنتُمۡ فَأَقِيمُواْ ٱلصَّلَوٰةَۚ إِنَّ ٱلصَّلَوٰةَ كَانَتۡ عَلَى ٱلۡمُؤۡمِنِينَ كِتَٰبٗا مَّوۡقُوتٗا

 

Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring.
Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman (QS an-Nisa’ : 103)

 

Berdasarkan Hadis tentang safar dan jamak

 

فَأَجَازَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَتَّى أَتَى عَرَفَةَ فَوَجَدَ الْقُبَّةَ قَدْ ضُرِبَتْ لَهُ بِنَمِرَةَ فَنَزَلَ بِهَا حَتَّى إِذَا زَاغَتِ الشَّمْسُ أَمَرَ بِالْقَصْوَاءِ فَرُحِلَتْ لَهُ فَأَتَى بَطْنَ الْوَادِي فَخَطَبَ النَّاسَ ...ثُمَّ أَقَامَ فَصَلَّى الظُّهْرَ ثُمَّ أَقَامَ فَصَلَّى الْعَصْرَ وَلَمْ يُصَلِّ بَيْنَهُمَا شَيْئًا…

 

... Selanjutnya beliau berangkat hingga sampai di Arafah, maka beliau menemukan tenda yang telah dibangun untuknya di Namirah, kemudian beliau singgah di Namirah, sehingga tatkala tergelincir matahari, beliau menyuruh dibawakan Qaswa (unta beliau), kemudian unta itu diserahkan padanya. Selanjutnya beliau sampai di lembah, terus beliau memberi khutbah pada orang-orang...(kemudian dikumandangkan adzan) selanjutnya iqamat, terus beliau salat Zuhur, kemudian iqamat, dan terus salat Ashar, serta beliau tidak salat apapun di antara kedua salat itu."
(HR. Muslim, Shahih Muslim II: 886)

 

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: " جَمَعَ النَّبِيُّ  ص بَيْنَ الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ بِالْمَدِينَةِ، فِي غَيْرِ سَفَرٍ وَلَا خَوْفٍ " قَالَ: قُلْتُ: يَا أَبَا الْعَبَّاسِ، وَلِمَ فَعَلَ ذَلِكَ؟ قَالَ: أَرَادَ أَنْ لَا يُحْرِجَ أَحَدًا مِنْ أُمَّتِهِ

 

Dari Ibn Abbas berkata : “Nabi saw menjama’ antara shalat Zhuhur dan shalat Ashar tidak dalam keadaan safar atau ketakutan”. Ibnu Abbas ditanya : “Kenapa beliau lakukan seperti itu ?”Ibn Abbas menjawab “(karena) Beliau tidak ingin memberatkan seseorang dari ummatnya”. (HR. Ahmad, Musnad Ahmad III:421)

 

عَنِ ابْنِ عُمَرَ، قَالَ: " جَمَعَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَيْنَ الْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ بِجَمْعٍ، صَلَّى الْمَغْرِبَ ثَلَاثًا، وَالْعِشَاءَ رَكْعَتَيْنِ بِإِقَامَةٍ وَاحِدَةٍ "

 

Nabi saw menjama’ antara shalat Maghrib dan Isya’ di Muzdalifah, beliau shalat Maghrib 3 rak’at dan shalat Isya’ 2 rak’at dengan satu kali iqamat. (HR. Al-Bukhari, Shahih Al-Bukhari II:164)

 

عَنْ أَنَسٍ قَالَ: كَانَ رَسُولُ اَللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا اِرْتَحَلَ قَبْلَ أَنْ تَزِيغَ اَلشَّمْسُ أَخَّرَ اَلظُّهْرَ إِلَى وَقْتِ اَلْعَصْرِ, ثُمَّ نَزَلَ فَجَمَعَ بَيْنَهُمَا, فَإِنْ زَاغَتْ اَلشَّمْسُ قَبْلَ أَنْ يَرْتَحِلَ صَلَّى اَلظُّهْرَ, ثُمَّ رَكِبَ. مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

 

Dari Anas, ia berkata, "Rasulullah Saw. apabila berangkat dalam safarnya sebelum tergelincir matahari, beliau akhirkan Zuhur hingga waktu Ashar, kemudian beliau singgah dan menjamak keduanya. Jika mahahari sudah tergelincir sebelum berangkat, beliau salat Zuhur kemudian berangkat." (HR. Al-Bukhari, Shahih Al-Bukhari II:47)

 

عَنْ أَنَسٍ قَالَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَرَادَ أَنْ يَجْمَعَ بَيْنَ الصَّلَاتَيْنِ فِي السَّفَرِ أَخَّرَ الظُّهْرَ حَتَّى يَدْخُلَ أَوَّلَ وَقْتِ الْعَصْرِ ثُمَّ يَجْمَعُ بَيْنَهُمَا. رَوَاهُ مُسْلِمٌ

 

Dari Anas, ia berkata, ”Nabi saw. itu apabila hendak menjamak antara dua salat pada waktu safar, maka beliau mengakhirkan Zhuhur hingga masuk awal waktu Ashar kemudian menjamak keduanya.” (HR. Muslim, Shahih Muslim I: 489)

 

Berdasarkan Kaidah Fiqhiyyah

 

اَلأَصْلُ فِي اْلعِبَادَاتِ اَلتَّحْرِيْمُ

 

Asal dalam ibadah adalah haram

 

اَلأَصْلُ فِي  اْلعِبَادَاتِ اَلْحَظْرُ اِلاَّ بِنَصٍّ

 

Asal dalam ibadah adalah terlarang kecuali ada nash

 

 

لاَ قِيَاسَ فِي اْلعِبَادَةِ

 

Tidak ada qiyas dalam ibadah

 

Dewan Hisbah
berkesimpulan : Menjama’ salat Ashar dan salat Jum’at tidak disyariatkan. Bagi musafir melaksanakan salat Ashar di waktu Zuhur diperbolehkan

 

(Diambil dari keputusan Dewan Hisbah Persatuan Islam)

 

Wallahu a'lam bi al-shawwab!

 

Sumber : Tanya Jawab Hayaatunaa, 2017.

 

By, Ahmad Wandi, awalofficial.com

 

 

=========

Dapatkan update artikel islam setiap harinya dari ahmadwandi.blogspot.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kajian AWAL Official", caranya klik link https://t.me/awalofficialcom, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ARTIKEL SEBELUMNYA

GOES TO PANGANDARAN, FAMILY GATHERING 2024

GOES TO PANGANDARAN, FAMILY GATHERING 2024 Artikel Terbaru Ke - 227 Oleh : Ahmad Wandi, M.Pd (ahmadwandilembang.com) Pada hari Senin-Selasa,...